Pages

Pages

Recipes

Dongeng

Food Photography

Review

Sos Med

S

Menulis Blog Karena Rindu

November 20, 2018


Bila bukan karena rindu, tak akan saya menulis catatan harian di dalam kotak kecil kalender meja yang saya buat sendiri.
Bila bukan karena rindu, tak akan saya membuka akun di Multiply untuk menceritakan apa-apa yang sudah saya alami.
Ya! Begitu besar pengaruh rindu dalam hidup yang sempat saya lalui selama 13 tahun hidup jauh dari tanah air.

Saya ingat waktu itu bulan Oktober 2004 waktu saya memutuskan untuk mulai berbagi cerita lewat Multiply. Waktu itu, sudah dua tahun lamanya saya tinggal di negara yang saya juluki Negeri Dongeng dengan menahan rasa rindu atas apapun yang pernah saya rasakan di Indonesia. Kehangatan keluarga, canda tawa bersama para sahabat, kelezatan masakan Indonesia yang sangat mudah saya dapatkan di tanah air adalah hal-hal yang membuat hati saya dibaluti oleh rasa rindu. Rindu yang kemudian membuat saya menjadi seorang blogger.

Awalnya saya hanya menulis kejadian sehari-hari yang saya alami sehari-hari. Berbagi pengalaman bagaimana rasanya menjalani hidup sebagai seorang student jauh di rantau orang. Pendapat saya tentang suatu peristiwa yang sedang jadi perbincangan, entah itu di tanah air atau di rantau. Lalu saya mulai memberanikan diri untuk berbagi resep masakan yang saya coba dengan foto ala kadarnya, ternyata banyak sekali teman-teman di Multiply yang mencoba resep saya, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog khusus resep makanan di blogspot.

Mulailah saya meluapkan kerinduan akan kuliner tanah air di blog tersebut, berbagi resep masakan Indonesia dengan keterbatasan bahan dan bumbu yang tersedia di rantau. Membantu sesama teman perantauan untuk dapat membuat makanan Indonesia yang mereka rindukan dan menyakinkan mereka bahwa membuat sate Padang itu tidak sesulit yang mereka bayangkan.

Kerinduan saya akan dikenalnya masakan Indonesia oleh orang asing juga membuat saya memberanikan diri membuat blog resep dalam bahasa Inggris yang akhirnya membuahkan banyaknya teman-teman dunia maya yang berasal dari seluruh dunia dan juga tawaran untuk memamerkan beberapa foto makanan saya dalam sebuah pameran Asian Dessert di Amerika dan sebuah buku resep yang saya tulis bersama-sama blogger di seluruh dunia.

Sekarang, kerinduan itu yang membuat saya kembali menulis dan belajar dari awal untuk menjadi seorang blogger setelah sekian lama menghilang.
Kerinduan yang membuat saya menjawab tantangan dari Blogger Perempuan untuk ikut dalam BPN 30 Day Blog Challenge, agar saya bisa konsisten menulis kembali.

Semangat!

#bloggerperempuan
#BPN30dayChallenge2018
Day 1

No comments :

Post a Comment

Instagram