Videos

Pages

Recipes

Dongeng

Food Photography

Review

Old Blog

Sos Med

S

Alasan Pakai Blogger Lagi

April 13, 2022

 

Lagi?

Iya, lagi! Karena saya sudah pernah pindah ke lain hati, eh maksudnya ke lain platform.

Kalau di sini saya bilang bahwa saya mulai ngeblog itu tahun 2008, itu artinya awal saya pakai platform blogger. Bila dihitung dari mulai rajin menulis di dunia maya, artinya tahun 2004. Waktu itu adalah masa kejayaan Multiply, sosial media yang menurut saya paling lengkap fiturnya, dan menurut saya, sampai sekarang belum ada sosial media yang bisa gantiin. Di Multiply ada fitur yang namanya Resep, nah saya yang anak rantau baru belajar masak, sering membagikan resep yang sudah saya coba atau resep hasil karangan saya. Karena belajar masak ini, terpikir untuk membuat blog sendiri yang khusus isinya adalah resep masakan tapi dalam bahasa Inggris, karena saya ingin sekali masakan/makanan Indonesia dikenal oleh orang-orang di seluruh dunia.

Pilihan waktu itu adalah Blogger, karena paling gampang dan saya yang mengerti sedikit bahasa html seperti menemukan mainan baru, utak-atik template. Lalu seiring berjalannya waktu, blog saya sudah banyak pengunjungnya, dulu rangking di Alexa (eh masih ada gak sih ini Alexa? Jebakan umur banget gak sih?) juga udah lumayan dan sudah mulai menulis artikel berbayar, saya memutuskan untuk punya domain dan hosting sendiri. Pilihannya waktu itu pakai WP dan hosting di Bluehost. Qadarullah, belum lama saya menikmati domain dengan hosting berbayar, saya harus hiatus karena hamil, melahirkan dan hidup nomaden antara Bremen - Jakarta, jadilah beberapa tahun tersebut hanya bayar domain dan hosting yang lumayan banget.

Sebelum memutuskan kembali ke blogger, saya sempat ganti hosting Indonesia yang biaya tahunannya lebih ramah di kantong, tapi tetap juga sih mubazir juga, karena setelah kembali ke Jakarta, saya malah susah untuk bisa online. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan domain Negeri Dongeng dan memakai nama saya untuk domain blog yang baru.

Demi mengurangi kebiasaan menyumbang uang ke para hosting dan juga hasil kontemplasi bersama seorang teman tentang bagaimana nasib blog berbayar kita seandainya Allah panggil kita pulang? Apakah kita akan memberikan wasiat ke anak cucu untuk terus membayar biaya hosting? Rasanya kok jadi merepotkan. Lalu setelah berkonsultasi dengan teman lain yang mengerti dunia per-blogging-an, saya memutuskan untuk kembali ke blogger, karena yang harus saya bayar setiap tahunnya adalah domain saja.  Dengan memakain blogger, bila suatu hari nanti saya kembali ke Allah, yang akan saya wariskan adalah password blogger sehingga blog berbayar saya bisa dipindahkan ke blogger gratisan lagi. Semoga saja saat itu blogger masih tetap ada.

Selain alasan di atas, buat saya Blogger itu sudah seperti rumah, yang tiap sudutnya memberikan kenyamanan buat saya. Jadi, kalau sudah nyaman, buat apa pindah?


#BPNRamadan2022




No comments :

Post a Comment

Instagram