Videos

Pages

Recipes

Dongeng

Food Photography

Review

Old Blog

Sos Med

S

Monetize Blog vs Santuy Blog, Pilih Mana?

April 15, 2022

 



Bila ada pilihan Monetize Blog vs Santuy Blog, jawabannya kalau bisa dua-duanya, kenapa harus satu? Waktu ngisi fitur Blog di Multiply, tujuan saya lebih ke menyalurkan bakat bawel yang tak tersalurkan karena tinggal di negara orang, yang kalau mau ketemuan sama teman harus janjian dulu, gak bisa seenak udel pop-up di depan rumahnya gitu aja, seperti yang biasa saya lakukan dulu di Indonesia. Ya, biasanya pake nelpon juga sih, tapi lebih yang nelponnya pas udah di depan pintu pagernya sih. Eh! 

Lalu berlanjut dengan tujuan mulia ingin memperkenalkan masakan Indonesia di seluruh dunia lewat food blog yang saya buat memakai platform blogger. Tidak pernah terpikir sama sekali untuk memonetize blog sampai pada suatu kesempatan saya mendapatkan tawaran pertama untuk mereview suatu produk dengan fee yang cukup lumayan buat seorang rookie seperti saya. Lalu mulailah saya berpikir untuk mencoba peruntungan dengan menjadi blogger berbayar.

Menjadi blogger berbayar ternyata tidak seindah yang saya bayangkan, karena saya yang memang tidak senang terikat, jadi merasa dibebani oleh kewajiban menulis artikel. Rasanya kok hilang kenikmatan menjadi seorang blogger saat masih belum mendapatkan bayaran. Setiap update blog, pasti itu adalah kerjaan, yang artinya saya dibayar. Tidak ada lagi postingan di mana saya bebas berbicara apa saja, ngeblog yang dulunya menyenangkan berubah menjadi beban.

Tahun ini saya ingin kembali menghidupkan blog ini, belajar lagi menjadi seorang blogger dari nol. Belajar konsisten sehingga walaupun blog ini santai, tetap bisa menghasilkan uang.

Aaamiin.


#BPNRamadan2022

No comments :

Post a Comment

Instagram