Videos

Pages

Recipes

Dongeng

Food Photography

Review

Old Blog

Sos Med

S

Tips Blogging yang Ingin Dicoba

April 12, 2022


Saya mulai menulis blog sejak tahun 2008, saat masih menjadi student di Negeri Dongeng. Eh, Negeri Dongeng? Di mana itu?
Negeri Dongeng adalah julukan yang saya berikan untuk negaranya Philip Lahm. Alasan kenapa saya juluki Negeri Dongeng semoga bisa saya jadikan blogpost tersendiri. Doakan semoga terlaksana.

Masa produktif saya menjadi blogger adalah 2008-2009, sebelum akhirnya lebih sering hiatus karena hamil dan hidup nomaden antara Bremen - Jakarta dari 2010 - 2015, untuk kemudia menetap kembali di tanah air sejak akhir 2015. Di masa produktif tersebut, ada satu tips blogging yang saya terapkan, yaitu: Blogwalking.

Blogwalking ini terkesan receh, tapi dampaknya luar biasa. Gara-gara blogwalking, saya punya banyak teman-teman di dunia maya dari seluruh dunia yang bukan hanya orang Indonesia, tapi juga orang non Indonesia. Setiap posting, selalu ramai pengunjung dengan komentarnya yang bikin semangat untuk terus posting. Nah, sekarang ini, saya ingin kembali menerapkan blogwalking ini agar bisa bertemu dengan teman-teman blogger yang hebat dan menginspirasi.

Tips blogging lain yang sebenarnya pernah saya terapkan juga tapi belum maksimal adalah Konsisten. Ya, Konsistensi adalah kunci, karena kalau kita tidak konsisten, apapun yang kita rencanakan biasanya hanya menjadi wacana belaka, ya setidaknya ini yang saya alami selama ini.

Semoga di tahun 2022 ini, saya bisa:

1. Konsisten dalam menulis blog.
2. Konsisten dalam upgrading skill blogging.



#BPNRamadan22


No comments :

Post a Comment

Instagram