Videos

Pages

Recipes

Dongeng

Food Photography

Review

Old Blog

Sos Med

S

Tujuan Ngeblog Dulu dan Sekarang

April 14, 2022

Dulu

Dapur Negeri Dongeng adalah nama blog sekaligus alamat url yang saya pakai sejak 2008 saat saya memutuskan untuk membuat sebuah blog khusus masak-memasak. Tujuannya adalah memperkenalkan masakan Indonesia ke seluruh dunia, karena sejujurnya, makanan Indonesia itu kalah ngetop dari makanan negara tetangga seperti Thailand misalnya. Selain itu, blog tersebut juga saya pakai sebagai tempat saya belajar food photography, karena sejak saya senang memasak dan mengupload resepnya di Multiply (seperti cerita saya di sini), saya tuh penasaran lihat foto-foto makanan orang yang bagus-bagus. 

Tahun 2008 bukanlah seindah beberapa tahun terakhir ini di mana sumber info mengenai food photography dengan mudah bisa ditemukan di dunia maya, atau workshop food photography yang menjamur. Waktu itu saya belajar belajar dasar-dasar fotografi secara umum, membeli buku tentang fotografi dan mempelajari foto-foto dari foodie blogger luar (non Indonesia) yang menang lomba DMBLGiT (Does My Blog Look Good in It), ajang lomba foto makanan paling bergengsi saat itu dengan peserta foodie bloggers dari seluruh dunia. Alhamdulillah, setelah beberapa bulan mengamati dan memberanikan diri untuk mengikuti lomba tersebut, akhirnya saya mendapatkan badge pertama saya di bulan Agustus 2008. Lalu setelahnya disusul oleh badge yang berikutnya dan dari ajang lomba foto yang lain, bahkan dipercayakan menjadi juri.

Lalu datanglah masa di mana saya harus mengalami masa nomaden pulang pergi Bremen Jakarta setiap enam bulan setelah melahirkan anak pertama. Blog sayapun terbengkalai walaupun saat itu saya sudah menerima uang dari hasil menuliskan blogpost berbayar, bahkan sudah beberapakali memenangkan lomba blog yang diadakan di Indonesia.


Sekarang

Awal tahun 2020, saya berencana untuk kembali aktif ngeblog sebagai reviewer, karena selama hiatus, saya sering mendapat undangan saat ada restoran/coffee shop/rumah makan yang baru buka atau launching menu baru atau mendapat kesempatan mereview produk yang berhubungan dengan makanan. Qadarullah, pandemi melanda dunia dan negara tercinta tak bisa menghindar, ikut menjadi bagian dari negara-negara yang terkena wabah Covid-19. Saya pun memutuskan untuk menetap di rumah dan fokus dengan usaha kursus fotografi online yang saya dirikan bersama tiga orang teman baik. Dan blog sayapun kembali terbengkalai.

Dua tahun telah berlalu dari rencana ingin fokus kembali menjadi seorang blogger, in shaa Allah tahun 2022 ini adalah saat yang tepat untuk meneruskan rencana yang sempat tertunda tersebut. Blog saya yang tadinya khusus untuk makanan dan foood photography, sekarang ini saya tambahkan dengan cerita keseharian yang saya alami sebagai seorang ibu dari anak yang beranjak remaja dan sebagai tempat saya belajar menulis cerita, menyalurkan bakat bawel dari kecil :))

Semoga bisa konsisten. Bismillah!


#BPNRamadan2022

No comments :

Post a Comment

Instagram